BREAKING NEWS

Jumat, 15 September 2017

Penyebab nafsu makan turun saat sedang hamil?

Penyebab nafsu makan turun saat sedang hamil? -  Inilah penyebabnya dan cara mengatasinya
amelia oktariani Ibu hamil dan menyusui. Hampir semua wanita mengalami masalah nafsu makan saat hamil. Beberapa mulai merasakan nafsu makan mereka menurun saat usia gestasi 5 minggu, ada yang mengatakan bahwa nafsu makan menurun terjadi pada usia kehamilan 7 minggu dan juga ada yang baru merasakan masalah ini saat mereka memasuki bulan ketiga kehamilan.
Penyebab nafsu makan turun saat sedang hamil?


Ini adalah sesuatu yang masuk akal, pada trimester pertama kehamilan justru akan menurunkan nafsu makan pada ibu hamil. Dan apalagi ingin makan nasi, terkadang malah bau makanan hanya perut mual. Sepertinya kita benar-benar salah, jika kita taat kita tidak akan makan dedek bayi di perut karena tidak mendapat asupan makanan. Tapi saat dipaksa makan, perut menjadi mual dan akhirnya muntah. Baca juga artikel dokter sunat pekanbaru

Nah, berikut adalah beberapa tips bagaimana cara mengatasinya agar nafsu makan Anda tetap terjaga dan tidak malas makan. Tapi sebelum kita membahasnya maka tidak ada salahnya jika Anda membaca terlebih dahulu apa yang menyebabkan nafsu makan turun saat hamil.

Penyebab nafsu makan saat hamil, Sebagai berikut :


1. Mual

Penyebab utama yang membuat Anda malas makan adalah karena Anda merasa mual. Kebanyakan ibu hamil mengeluhkan masalah ini, sehingga mereka menjadi malas makan, karena saat makan, pastinya pasti muntah.


2. Stres dan stres

Wanita hamil sangat rentan terhadap stres, terutama bagi mereka yang pertama kali hamil maka perasaan cemas dan ketakutan tertentu selalu turun. Stres dan stres akan menurunkan nafsu makan ibu hamil.

3. Perubahan hormonal

Tidak dapat dipungkiri bila wanita mulai menyadari bahwa mereka sedang hamil, maka akan terjadi perubahan hormon. Kehadiran janin di rahim seorang wanita akan meningkatkan hormon progesteron dimana hormon ini akan menyebabkan peningkatan penebalan dinding rahim. Selain itu, efek dari kenaikan hormon progesteron ini juga mempengaruhi melambatnya sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan.


4. Konstipasi

Konstipasi juga bisa menjadi penyebab penurunan nafsu makan pada ibu hamil. Jika ibu hamil susah buang air besar, maka pastinya perut mereka akan selalu terasa kenyang, hal ini berakibat pada berkurangnya nafsu makan.


Cara mengatasi nafsu makan yang jatuh saat hamil:

Meski mengalami penurunan nafsu makan selama kehamilan terutama selama kehamilan 3 bulan pertama memang agak masuk akal namun kita tetap perlu hati-hati dan jangan sampai lama berkepanjangan karena bisa berdampak negatif terhadap kesehatan janin Anda. Untuk itu, berikut ini cara mengatasinya bagaimana Anda tidak kehilangan nafsu makan saat hamil.


1. Makanlah dengan porsi kecil

Jangan memaksakan diri untuk makan makanan dalam jumlah besar saat Anda sedang hamil. Ingat, pada trimester pertama kehamilan ini Anda akan dihantui mual. Hal ini tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sejumlah besar makanan seperti nasi atau karbohidrat lainnya saat Anda masih muda.

Makanlah porsi kecil makanan, tapi sering. Ini akan membantu Anda untuk tidak kehilangan nafsu makan selama kehamilan.

2. Hindari makanan berminyak dan busuk

Makanan berlemak dan bau tajam hanya akan menambah rasa mual Anda, sehingga Anda akan semakin malas makan. Untuk itu, hindari makanan ini terutama di pagi hari.


3. Perluas konsumsi buah dan sayuran

Sayuran dan buah mengandung banyak serat, sangat penting agar wanita hamil menghindari sembelit. Selain buah-buahan Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum atau roti bakar.

4. Perluas Air Minum

Anda juga harus memastikan bahwa asupan air Anda selama kehamilan seharusnya cukup. Jangan malas minum, jika kurang air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Jika kondisi tubuh kita tidak fit maka nafsu makan akan turun. Jadi, jangan lupa mengonsumsi air putih setiap hari agar tubuh tetap sehat selama kehamilan agar nafsu tetap terjaga.

5. Hindari stress

Lalu, untuk usaha terakhir untuk menghindari stres. Stres selama kehamilan tidak baik untuk kesehatan janin Anda. Tidak hanya itu, stres juga bisa mengurangi nafsu makan loh Anda!

Baca juga: Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan saat Anda sakit

Itulah penyebab menurunnya nafsu makan saat hamil dan cara mengatasinya. Terus berpikir positif selama kehamilan dan selalu berdoa untuk kemudahan dalam proses persalinan nanti. Semoga informasi ini membantu!

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tempat Wisata . Designed by OddThemes