BREAKING NEWS

Sabtu, 26 Agustus 2017

Tempat Bersejarah di Provinsi Riau

Tempat Bersejarah di Provinsi Riau - Tempat wisata itu apa sih, pasti nya sudah tidak asing lagi untuk di ungkapkan. Tahukah kamu bahwa tempat wisata itu bukan hanya tempat biasa yang wajib untuk di kunjungi. tetapi bagi kamu yang hoby dengan traveling atau liburan wajib loh untuk mengetahui sejarah nya. selain cantik, dan indah pemandangan alam nya, Riau juga mempunyai tempat bersejarah, Tempat sejarah di provinsi riau yaitu sebagai berikut:

Istana Siak Sri Indrapura


 

Istana Siak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, dulunya bangunan ini dihuni oleh Sultan Siak dan sekarang istana ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Siak. Istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Riau.

Istana ini memiliki corak Melayu, Arab serta Eropa pada bangunannya. Kompleks Istana ini mempunyai luas 32 km persegi yang terdiri dari 4 bangunan istana yaitu, Istana Siak, Istana Padjang, Istana Baroe dan Istana Lima. Istana Siak Sri Indrapura sudah menjadi simbol kepariwisataan di Riau.

Sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Istana ini setiap tahunnya. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda dapat belajar mengenai sejarah Riau mulai dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi ini. Istana Siak merupakan tujuan objek wisata yang juga dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah. Juga di Istana Siak dapat dipelajari mengenai Budaya melayu Riau.

Candi Muara Takus

 

Situs wisata Candi Muara Takus adalah sebuah candi yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Tiga Belas Koto, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Candi ini merupakan bukti sejarah perkembangan Agama Budha di Indonesia.

Candi ini digunakan masyarakat beragama Budha untuk beribadah. Ciri dari bangunan candi tersebut yang menunjukkan bangunan tersebut merupakan bangunan agama Budha adalah karena adanya stupa. Ketika mengunjungi candi Muara Takus, akan terlihat stupa di sekitar candi.

Di dalam kompleks candi ini juga terdapat bebrapa candi seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Mahligai Palangka. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu takut mengunjungi candi ini, karena sekarang Situs Candi Muara Takus ini sudah tidak menjadi tempat perkembangan agama Budha lagi. Sekarang Candi Muara Takus sudah menjadi salah satu peninggalan sejarah pada masa kerajaan di Indonesia sekaligus sudah menjadi salah satu objek di Provinsi Riau.

Masjid Agung Annur

 

Masjid Agung Annur adalah sebuah masjid pusat perkembangan agama Islam di Riau yang terletak di Kota Pekanbaru. Masjid Agung Annur ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Indonesia. Bangunan masjid ini banyak mengadopsi arsitektur Melayu, Arab, Turki dan India.

Masjid Agung Annur di juluki sebagai Taj Mahalnya Riau. Ini karena masjid ini memiliki banyak kemiripan dengan Taj Mahal. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana luasnya bangunan masjid dan beberapa fasilitas di sekitar masjid, dapat mengunjungi masjid ini kapanpun.

Jika berkunjung pada hari kerja Anda akan melihat proses pembelajaran di sekolah-sekolah sekitar masjid. Karena halaman masjid yang luas, halaman masjid ini juga digunakan masyarakat sebagai tempat latihan ketahanan tubuh seperti jogging dan futsal. Nah, Anda pasti penasaran bagaimana uniknya Taj Mahal Riau tersebut!

 Tugu Pahlawan kerja 

 

Tugu Pahlawan Kerja terletak sekitar km. 10 jalan raya Pekanbaru menuju Teratak Buluh Perhentian Marpoyan. Tugu ini dibangun sebagai tanda jasa bagi para pejuang yang banyak meninggal dunia pada masa penjajahan Jepang, di Daerah Riau. Bentuknya sangat sederhana, tapi nilai perjuangan para Syuhada ini tiada dapat dibayar dengan uang dan harta benda.

Balai adat riau

 

Gedung ini terletak di Jalan Pangeran Diponegoro Pekanbaru, dlbangun dan dihiasi dengan bermacam bentuk ukiran dan motif tenunan. Balai adat ini dibangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat Resam Melayu Riau, dan sekarang sering pula dimanfaatkan untuk pertemuan-pertemuan.

Arsitekturnya yang khas melambangkan kebesaran budaya Melayu Riau. Bangunan terdiri dari dua tantai, di bagian lantai atas terpampang dengan jelas beberapa ungkapan adat dan fasal-fasal Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji. Di kiri kanan masuk ruang pintu utama dengan jelas dapat kita baca fasal pertama, kedua, ketiga dan keempat dari Gurindam Dua Belas tersebut. Sedangkan pasal kelima, keenam-ketujuh, kedelapan, kesembilan, kesepuluh, kesebelas dan kedua belas terdapat di bagian dinding sebelah dalam dari ruang utama.

Cukup sekian artikel yang disajikan tentang Tempat Bersejarah di Provinsi Riau semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi artikel kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tempat Wisata . Designed by OddThemes